Tempat wisata di lombok
12:58 | Author: kyokugo
Kali ini admin mencoba untuk sedikit mengulas mengenai Lombok. Kenapa Lombok? Karena admin juga berkeinginan kesana tentunya.

Terletak di sebelah timur Bali, Lombok saat ini dikenal sebagai pulau Bali masa lalu sebelum hiruk pikuk wisatawan saat ini. Dengan pemandangan pantai yang indah, air terjun memikat, Gunung Rinjani yang menjulang tinggi dan merupakan gunung tertinggi kedua di Indonesia dikombinasikan dengan wisatawan yang relatif sedikit, Lombok adalah surga bagi wisatawan.
Lombok


Pulau Lombok dan pulau Bali dipisahkan oleh Selat Lombok yang merupakan batas biogeographical antara fauna Indo-Malaysia dan fauna Australasia. Batas ini dikenal sebagai Line Wallacean, setelah Alfred Russel Wallace yang pertama berkomentar atas perbedaan mencolok antara hewan yang ditemukan di sebelah barat Indonesia dengan sebelah timur Indonesia, dimana hewan-hewan di sebelah timur selat lombok lebih mirip hewan – hewan yang ditemukan di Australia.

Batu Bolong


Dibandingkan dengan tetangganya Bali, Lombok memiliki iklim yang lebih kering, di sini jarang sekali terjadi hujan lebat dengan durasi lebih dari 2 jam, dengan demikian Lombok menjadi pilihan yang menarik untuk berwisata selama musim hujan di Indonesia, yaitu sekitar bulan Oktober – Desember. Walau demikian puncak musim turis di Lombok biasanya terjadi antara bulan Mei sampai dengan Agustus.

Gunung Rinjani


Bahasa lokal masyarakat Lombok adalah bahasa Sasak, namum tidak perlu terlalu khawatir karena kebanyakan dari mereka juga mengerti bahasa Indonesia, dan sebagian kecil bisa berbahasa Inggris terutama para pelaku pariwisata.

Topografi Pulau Lombok didominasi oleh gunung berapi Rinjani,Dimana gunung merapi ini memiliki berketinggian sekitar 3.726 meter di atas permukaan laut .Gunung Rinjani terakhir meletus pada bulan Juni-Juli 1994. Pada tahun 1997 kawasan gunung dan danau Segara Anak ditengahnya dinyatakan dilindungi oleh pemerintah. Daerah selatan pulau ini sebagian besar terdiri atas tanah subur yang dimanfaatkan untuk pertanian, komoditas yang biasanya ditanam di daerah ini antara lain jagung, padi, kopi, tembakau dan kapas.

Adapun beberapa lokasi wisata yang patut untuk dikunjungi ketika berada di Lombok;

Pantai Grupuk Lombok 

Pantai Grupuk lombok mampu menarik wisatawan untuk selalu berkunjung ke tempat wisata ini karena akses jalan yang menuju pantai ini sangat mudah.Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati berbagai fasilitas yang ada disekitar Pantai Grupuk lombok ini seperti penginapan, bungalow, restoran, sampai tempat ibadah. Lebih menariknya lagi, tempat wisata bertema pantai ini memiliki ombak yang memang menarik. Tak heran jika pantai kerap dipadati wisatawan. Bahkan mayoritas wisatawan yang berkunjung ke tempat ini adalah mereka yang berasal dari Jepang.

Dari kota lombok,Lokasi wisata Pantai Grupuk dapat ditempuh dengan perjalanan kurang lebih 15 menit atau 9 km ke arah timur. Tapi pengunjung harus melanjutkan lagi perjalannya dengan dengan menggunakan kapal untuk mencapai spot titik terbaik ombak mulai pecah. Ombak di Grupuk tergolong sangat konsisten, sehingga dapat dinikmati kapan saja. Menawarkan ombak berkelas Regional classic, dan dapat dinikmati oleh semua level surfer. Rata-rata surfer datang untuk menikmati ombak besar, dan ombak terbaik datang dari barat daya.

Taman Narmada Lombok 

Objek Wisata Taman Narmada ini berada di lombok Barat,atau lebih tepatnya diperkirakan sekitar 10 km ke arah timur dari Cakranegara yg merupakan pusat perekonomia di lombok barat. Taman Narmada Lombok tentu saja terbuka untuk umum juga menjadi pusat liburan yang selalu ramai di kunjungi wisatawan,baik lokal maupun internasional. Di dalam lokasi wisata ini tada mata air yang menurut waga sekitar airnya berasal dari Gunung Rinjai dan dipercaya bisa menjadikan seseorang tetap awet muda sehingga disebut Air Awet Muda. Nama Pura ini diambil dari sebuah sungai suci di India yang memuja Shiwa yaitu Pura Kalasa.
Tempat wisata Taman Narmada Lombok ini merupakan hasil pembangunan dan serangkaian perbaikan/pemugaran yang berlangsung dari waktu ke waktu. Sewaktu para petugas dari Direktorat Perlindungan dan Pembinaan Peninggalan Sejarah dan Purbakala bersama dengan para petugas Kantor Wilayah Depdikbud Nusa Tenggara Barat meneliti dan mengumpulkan data sebagai langkah awal pemugaran, mereka berpendapat bahwa pemugaran secara memuaskan tidak mungkin, karena bahannya kurang dari 50%. Banyak bagian yang telah rusak terutama tebing-tebing kolam, taman, pagar maupun bangunan. Pada tahun 1980 sampai 1988 rekonstruksi Taman Narmada dapat diselesaikan.

Kompleks Taman Narmada yang ada di Lombok itu dapat dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu gerbang utama, jabalkap, telaga kembar, gapura gelang/paduraksa, mukedes, telaga padmawangi, balai loji, balai terang, patandaan, bangunan sakapat, balai bancingah, Pura Kelasa dan Pura Lingsar. Berikut ini akan diuraikan bagian-bagian dari Taman Narmada dari gerbang utama.

Pantai Selong Belanak Lombok

Pantai Selong merupakan salahsatu dari beberapa tempat wisata bertema pantai yang ada di lombok yang dikenal akan keindahan pantai juga hamparan pasir putihnya.Lokasi wisata Pantai Selong Belanak Lombok terletak sekitar 100 km dari kota Mataram dengan waktu perjalanan doperkirakan kurang lebih sekitar 2 jam dengan menggunakan kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat, dengan kecepatan normal sekitar 70-75 km/jam.
Nama pantai ini mungkin cukup terbilang asing di pendengaran Anda.Namun ketika kali pertamanya anda singgah di Pantai Selong Belanak Lombok ini anda akan dibuat kagum akan kuasanya sang pencipta yang menciptakan ke pemandangan yang begitu indah disekitar pantai ini.Pantai yang terletak di Lombok Tengah menawarkan keindahan alam yang sangat cantik dan mempesona juga dihiasi dengan pasir putih yang sangat halus, bukit-bukit hijau dan airnya yang biru mempesona memberikan kenikmatan tersendiri bagi para wisatawan.

Pantai Surga Lombok 

Dari namanya saja tempat wisata ini sudah menggambarkan ke indahan.Tak heran jika objek wisata Pantai Surga ini kerap kali menjadi tujuan utama wisatawan yang sedang berkunjung di lombok.

Tempat wisata Pantai Surga ini terletak di wilayah Lombok Timur. Di kanan Pantai Surga ini ada tebing yang menjulang berwarna agak putih dan di sebelah kirinya terdapat jajaran pantai yang luas dengan pasir berwarna putih. Pantai ini terkenal karena memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan pantainya yang begitu bersih juga berpasir putih, Tak ayal jika sebutan Pantai Surga untuk tempat wisata ini sangatlah tepat.

Untuk berkunjung ketempat wisata ini,wisatawan memerlukan perjuangan yang yang cukup besar karena jarak tempuh yang cukup jauh dan tentunya memakan banyak waktu.

Satu hal yang menjadi keluhan para wisatawan yang mengunjungi lokasi ini adalah akses jalan yang masih buruk.

Wisata Air Terjun Benang Kelambu Lombok 

Wisata Air Terjun Benang Kelambu lokasinya begitu dekat dengan Wisata Air Terjun Benak Stokel. Dimana objek wisata ini tepatnya berlokasi di Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Kliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa tenggara Barat.
Dari kota Mataram,Jarak lokasi wisata ini diperkirakan kurang lebih sekitar 30 kilo meter.Untuk menju lokasi Wisata Air Terjun Benang ini wisatawan dapat menempunya dari kota Mataram selama 45 menit dengan menggunakan kendaraan melalui Narmada, Desa Pancar Dao, dan Pasar Teratak. Akses menuju lokasi dapat dilewati oleh kendaraan roda dua maupun roda empat. Setelah tiba di tempat parkir, Anda dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak di tengah hutan hingga tiba di lokasi.

Nama Air Terjun Benang Kelambu berdasarkan pada aliran air terjun yang tercipta. Berbeda dengan air terjun biasa yang airnya meluncur pada satu tempat sehingga tercipta suara gemuruh, Air Terjun Benang Kelambu lebih menyerupai tirai (kelambu). Air yang mengalir turun dari ketinggian tebing mengalir melalui tanaman merambat yang tumbuh di permukaan tebing kemudian jatuh ke tanah, menyerupai rintik air hujan yang mengalir jatuh dari atap rumah. Karena itu air terjun ini disebut sebagai Air Terjun Benang Kelambu. Untuk Anda yang suka bertualang di alam bebas dan menikmati keindahan alam, maka jangan sampai lewatkan kunjungan ke Air Terjun Benang Kelambu saat sedang berada di Kabupaten Lombok Tengah.


Pengunjung yang ingin menikmati keindahan Air Terjun Benang Kelambu akan ditarik retribusi sebesar Rp 3.000,00/orang.

Letaknya di dalam hutan menjadikan Air Terjun Benang Kelambu belum memiliki fasilitas yang lengkap. Meski begitu beberapa fasilitas standar sebuah obyek wisata seperti tempat parkir, kamar mandi umum, dan kios makanan sudah di tempat ini. Tak jauh dari Air Terjun Benang Kelambu juga terdapat Air Terjun Benang Stokel yang dapat Anda kunjungi.

Air Terjun Tiu Kelep 

Air Terjun Tiu Kelep merupakan salah satu objek wisata bertema Air terjun yang ada di lombok setelah objek wisata Air Terjun Sendang Gile. Menurut berbagai sumber yang dapat dipercaya,Tempat rekreasi lombok Air Terjun Tiu Kelep ini adalah salah satu air terjun tersembunyi yang berlokasi di lombok utara.Yang mana jarak lokasi wisata ini dari kota mataram bisa di tempuh dengan waktu sekitar 2 jam setengah dengan menggunakan kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat dengan kecepatan normal sekitar 70-80 km/jam.
Tempat berlibur Air Terjun Tiu Kelep ini mempunyai keindahan yang begitu indah, Mungkin karena lokasi wisata ini terletak jauh dibagian dalam hutan,sehingga memberikan sensasi tersendiri bagi para pengunjung pada saat berjalan menuju lokasi air terjun tiu kelep, rindangnya pepohonan, merdunya suara alam, segarnya udara dan indahnya gemercik air yang mengalir menghapus haus dan letih saat kita menuju lokasi air terjun tiu kelep ini.

Air Terjun Sendang Gile 

Air Terjun Sendang Gile : Jika anda  berkunjung ke Lombok, rasanya sayang sekali jika anda tidak menyempatkan untuk berkunjung ke lokasi wisata Air terjun Sendang Gile,dimana air terjun ini airnya begitu sejuk karena berasal dari Gunung Rinjani yang terntunya akan  membuat pikiran anda segar.
Ojek wisata Air Terjun Sendang Gile ini bisa anda temukan di Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Jika anda berjalan dari Yogyakarta,hanya dengan lima ratus ribu rupiah saja tentunya anda sudah bisa  sampai ke Pulau Lombok dengan cara beranting.
lokasi wisata bertema air terjun ini berada di ketinggian 600m di atas permukaan laut, Air Terjun Sendang Gile ini menawarkan suasana relaks dan damai. Bagi wisatawan yang jenuh dengan hangar-bingar kota, adalah ide yang bagus untuk singgah di tempat ini. Sentuhan alamnya yang tergolong jauh dari nuansa perkotaan, panorama asri dan menawan, serta udaranya yang segar bisa mengantar anda ke dunia yang dapat menghilangkan kepenatan di kepala. 

Gili Air Lombok 

Pulau Gili Air adalah sebuah pulau yang masih jarang penduduk dengan luas sekitar 170 Ha,. Pulau Gili Air juga merupakan objek wisata pilihan bagi mereka yang sedang mencari ketenangan dan ingin lebih terlibat secara interaksi sosial dengan penduduk asli pulau ini.



Gili Air adalah bagian dari Tiga gili yang ada di Pulau Lombok. Di Lombok, terdapat kawasan wisata dunia yang dikenal dengan sebuatn Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Di kawasan Gili Air ini, terdapat Spot snorkeling dan diving yang sangat sayang jika dilewatkan.

Menimati indahnya pantai di Gili Air rasanya memberikan gambaran betapa cantik dan luasnya negeri ini. Hamparan pasir putih yang membentang luas, air laut yang jernih berwarna biru, barisan terumbu karang dan ikan ikan karang yang selalu bermain dan menemani kita saat menjelajah alam mereka.

Selain pemandangan pantai yang terlihat begitu indah, di Gili Air ini juga terdapat beberapa operator selam yang siap menemani pengunjung dalam pengembaraan dunia bawah laut. Mereka juga menawarkan kursus singkat untuk mengenal dunia bawah laut. Tempat snorkling yang dapat kita kunjungi ada di bagian timur dari Gili Air, lebih tepatnya di bagian Timur dari pantai ini. 

 

Pantai Senggigi Lombok

Pantai Senggigi ini merupakan salahsatu dari sekian banyaknya tempat wisata di Lombok,Nusa Tenggara Barat yang tentunya bisa membuat wisatawan terpesona akan keindahan yang dimiliki oleh pantai ini. Pantai yang terletak di sebelah barat pesisir Pulau Lombok ini memang tak sebesar Pantai Kuta yang terdapat Bali.



Pemandangan yang terlihat di sekitar Pantai Senggigi Lombok ini masih begitu asri,Selain dari itu, pemandangan bawah lautnya pun sbegitu indah.Di pantai ini pengunjung bisa melakukan snorkling dengan sepuas hari, sebab ombak di Pantai ini tak begitu besar karena terumbu karang yang ada di pantai ini menjulang ketengah sehingga ombak besarnya pecah di tengah.

Pantai Senggigi ini terletak sekitar 12 kilometer di sebelah barat laut Kota Mataram,Dimana pantai merupakan tempat wisata yang cukup terkenal dengan keindahan dan kealamian pantainya.

Pantai Senggigi ini memang menawarkan pesona pantai yang khas. Suasana alami yang belum banyak dijejali oleh turis asing, seakan menjadi penanda beda pantai ini dengan pantai-pantai yang ada di Bali. Hal ini tentu saja memberi nuansa tersendiri bagi para pwisatawan. Tak Heran, jika pantai ini kini dijadikan tujuan alternatif baru para wisatawan yang haus akan suasana kesenyapan alami yang menentramkan. 


Bagaimana? Sangat menarik bukan? Untuk itu admin sangat merekomendasikan Lombok menjadi salah satu tempat wisata yang sangat layak untuk dikunjungi di Indonesia.

source: 
http://www.indotravelers.com/lombok/index.html
http://www.tempatwisataku.com/2012/05/wisata-lombok.html



|
This entry was posted on 12:58 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 comments: